Jumat, 27 Maret 2015

COMPUTER SECURITY

Malicious Code 



NIM           :  13.1.03.03.0069
NAMA       :  Ai nurhayatul kamilah
Kelas        :  2B
Jurusan    :  Sistem informasi

Ini adalah tugas artikel pertama pada mata kuliah security computer, yang membahas mengenai Malicious code atau Malware.
malware
Malicious ware






Definisi Malware

Malicious dalam bahasa indonesia diartikan Jahat, dendam, dengki. Sedangkan ware yang berarti perangkat lunak. Dalam istilah komputer Malicious ware berarti Perangkat Lunak yang dirancang khusus untuk melakukan kejahatan dan mengganggu sistem komputer maupun oprasinya. Contohnya trojan horse, virus,adware, worm dan lain – lain.  Aspek utama dari perkembangan Malicious code yaitu pada segi politik, ekonomi, dan sosial budaya. Di sisi lain perkembangan komputer memunculkan tantangan untuk menciptakan program yang negatif.


Macam –macam Malware


   A. Virus

     Program komputer berbahaya yang menempel pada bagian program komputer lainnya, serta dapat memperbanyak dirinya sendiri. Virus dapat mengubah atau menghapus  sistem arsip, serta mengubah data. Tak ubahnya virus yang menempel pada manusia, virus membutuhkan sel hidup untuk memperbanyak dirinya dan bereaksi merusak sistem organ manusia.
Saat komputer terinveksi virus, dan program yang terinfeksi dijalankan maka virus akan breaksi menyalin dirinya sendiri dan menyebar ke komputer lain melalui perangkat lunak.
Komponen – komponen virus :
1.       Replication mechanism
Mekanisme perulangan yang mengizinkan untuk melakukan refroduksi dan memungkinkan virus untuk berpindah dari satu komputer ke komputer lain.
2.       Trigger mechanism
Permicu yang tersedia dalam virus untuk melakukan refroduksi.
3.       Task of group of task of mechanism
Bertugas untuk melakukan penghapusan dan perubahan file yang terinfeksi dan mengubah setting komputer atau melakukan konfigurasi ulang terhadap sistem, menurunkan kinerja komputer, menghambat  kecapatan jaringan, dan menghalangi sistem oprasi menjalankan tugas sebagaimana mestinya. 


B.   Trojan

      Istilah Trojan horse sendiri berasal dari mitologi yunani. Pada waktu itu terjadi peperangan antara yunani dan troya.Kota Troya sulit dihancurkan karena Kota Troy dikelilingi tembok raksasa yang sangat kuat. Akhirnya yunani membuat tipuan dengan membuat kuda raksasa dari kayu yang didalamnya diisi dengan ribuan pasukan yunani. Sebagai persembahan untuk dewa matahari, Yunani kemudian menghadiahkan kuda  raksasa itu pada penduduk Troy. Pada malam hari pasukan Yunani dapat keluar dan membuka gerbang Troy dan akhirnya Kota Troy bisa dikalahkan Yunani.

      Dalam dunia komputer Trojan horse merupakan suatu aplikasi terselubung yang di rancang untuk melakukan suatu serangan terselubung dengan baik. Biasanya metode tersebut dipakai dengan cara menyelipkan. Sebuah file yang berisi trojan biasanya berbentuk sesuatu yang sangat menarik. Trojan horse melakukan fungsi yang merusak, kemudian mulai memprogram host-nya. Trojan horse tidak mereplikasi dirinya sendiri dan tidak menginfeksi program lain atau file lain. 

C.  Worm

     Worm adalah program yang mengeksekusi secara independen dari program lain, bereplikasi sendiri dan menyebar melalui jaringan dari komputer ke komputer lain.
Perbedaan  antara Worm dan virus adalah  virus bersembunyi di file lain sedangkan Worm tidak bersembunyi di fi le lain dan berada dalam komputer sebagai program mandiri.

    Menurut beberapa sumber Program Worm ini pertama kali diusulkan oleh John Brunner dalam novelnya “The Shockwave Rider. Para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) kemudian terinspirasi dan berekperimen dengan menerapkan programnya. Pada saat itu Worm mulai dikatakan sebagai program yang berbahaya.

     Bagaimana Worm dapat aktif pada sebuah host berhunbungan erat untuk menyebarkan diri. Sejumlah Worm dapat diatur untuk aktif secara langsung (activated nearly immediately), sedangkan yang lain dapat menunggu beberapa hari,minggu atau bahkan bulanan untuk dapat teraktivasi dan menyebarkan dirinya. 


    DSpyware
     Spyware adalah perangkat lunak berbahaya, yang berjalan di komputer, memonitor kegiatan pengguna, mengumpulkan informasi seperti penekanan tombol, dump layar, dan file direktori, baik menyimpan informasi atau mengirimkannya ke lokasi lain tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari pemilik komputer. Pada umumnya Spyware melakukan pencurian informasi melalui user yang terkoneksi internet dengan memanfaatkan ID orang lain. Spyware juga dapat mengumpulkan informasi tengtang alamat e-mail bahkan password dan angka-angka kartu kredit.

Tabel karakteristik Malicious ware :

karakteristik malware
Karakteristik Malware


Cara mencegah Malicius ware
  1. Memakai Antivirus dan selalu melakukan update secara berkala.
  2. Ubahlah password sesering mungkin untuk mencengah spyware masuk.
  3. Install dan Aktifkan Firewall.
  4. Gunakan Antispyware.
  5. Back Up Data.
  6.  Hindari menggunakan atau mendownload aplikasi atau jenis program lainnya yang merupakan hasil crack (bajakan), apalagi dari situs yang tidak jelas kredibilitasnya.
  7. Hindari membuka atau menelusuri situs atau halaman yang tidak jelas dan memiliki reputasi buruk seperti situs bajakan, keygen, dewasa dsb. 
Demikian artikel yang saya rangkum mengenai Malware.semoga bermanfaat ya.





 

 


1 komentar:

  1. Sudah banyak yang menjangkiti website Indonesia, dan Pemerintah! :)

    BalasHapus