STRATEGI HARGA DALAM PEMASARAN
Apa itu harga ?
Harga adalah sesuatu yang di serahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang dan jasa.
Peran penting harga dalam pemasaran
Alur produk dalam pemasaran |
Faktor-faktor yang mempengaruhi harga
- Tahap daur hidup produk
- Persaingan
- Distribusi
- Dampak internet
- Strategi promosi
- Hubungan harga dengan kualitas
- Permintaan dari pelanggan besar
Fungsi strategi harga
- Untuk mendapatkan ke untungan
Penetapan harga biasanya memperhitungkan tingkat keuntungan yang di peroleh. Semakin banyak tingkat keuntungan yang di capai semakin tinggi pula harga yang akan di tetapkan untuk konsumen. Dalam menetapkan harga sebaiknya memperhitungkan daya beli konsumen agar keuntungan yang di raih dapat mencapai hasil maksimal.
2. Mendapatkan atau merebut pangsa pasar
Untuk dapat menarik perhatian konsumen yang menjadi target pasar maka suatu perusahaan sebaiknya menetapkan harga serendah mungkin. Dengan harga turun maka akan memicu peningkatan permintaan yang juga datang dari market atau kompetitor.
3. Menjaga kelangsungan hidup oprasional
Perusahaan yang baik akan memperhitungkan segala kemungkinan agar tetap memiliki dana yang cukup untuk aktifitas usaha bisnis yang di jalani.
Bagaimana menetapkan harga suatu produk
Tahapan menentukan harga |
Memilih strategi harga
- Price skimming : Kebijakan menetapkan harga dimana sebuah perusahaan mengenakan harga pengenalan yang tinggi dan promosi besar-besaran.
- Penetapan harga penetrasi : Penetapan harga dimana perusahaan membebankan harga yang relatif tarendah untuk mencapai pasar massal.
Tactik dalam menetapkan harga
- Diskon
- Rabate
- Cadangan
- Penetapan harga nilai
Legalitas an etika dalam menetapkan harga
1.Praktik perdagangan tidak adil
Hampir setengah bagian Amerika,
UU praktek
perdangan yang tidak ADIL. Mengatur harga para pedang grosir
dan eceran. Penjualan di bawah biaya adalah bertentangn dengan hukum. Para
grosir dan pedangan eceran biasanya harus selalu menaikan harga presentasi
minimum untuk mendapatkan untung.
2. Pematokaan harga (Price fixing)
Sebuah perjanjian dua atau lebih
perusahaan tentang harga yang akan di
bebankan pada suatu produk.
3. Diskriminasi harga
The
Robinson Patman Act di tahun 1936 melarang perusahaan menjual atau lebih
pembeli yang berbeda dalam jangka waktu yang singkat, sejumlah komoditi yang
sama tingkat dan kualitas pada harga yang berbeda yang hasilnya akan ikut
mengurangi kompetisi.kunjungi situs lainnya ya :
http://informasiteknologidanbisnis.blogspot.com/2014/10/menggunakan-fungsi-toolbox-pada-visual.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar