Selasa, 14 Oktober 2014

MANAGEMEN PEMASARAN

STRATEGI HARGA DALAM PEMASARAN

Apa itu harga ? 

Harga adalah sesuatu yang di serahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang dan jasa.

Peran penting harga dalam pemasaran

Alur produk dalam pemasaran
Alur produk dalam pemasaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga

  1. Tahap daur hidup produk
  2. Persaingan
  3. Distribusi
  4. Dampak internet
  5. Strategi promosi
  6. Hubungan harga dengan kualitas
  7. Permintaan dari pelanggan besar  

Fungsi strategi harga


  1. Untuk mendapatkan ke untungan 

     Penetapan harga biasanya memperhitungkan tingkat keuntungan yang di peroleh. Semakin banyak tingkat keuntungan yang di capai semakin tinggi pula harga yang akan di tetapkan untuk konsumen. Dalam menetapkan harga sebaiknya memperhitungkan daya beli konsumen agar keuntungan yang di raih dapat mencapai hasil maksimal.

    2. Mendapatkan atau merebut pangsa pasar

   Untuk dapat menarik perhatian konsumen yang menjadi target pasar maka suatu perusahaan sebaiknya  menetapkan harga serendah mungkin. Dengan harga turun maka akan memicu peningkatan permintaan yang juga datang dari market atau kompetitor.

 3. Menjaga kelangsungan hidup oprasional
     Perusahaan yang baik akan memperhitungkan segala kemungkinan agar tetap memiliki dana yang cukup untuk aktifitas usaha bisnis yang di jalani.

Bagaimana menetapkan harga suatu produk

Tahapan menentukan harga

 Memilih strategi harga 

  1. Price skimming : Kebijakan menetapkan harga dimana sebuah perusahaan  mengenakan harga pengenalan yang tinggi dan promosi besar-besaran.
  2. Penetapan harga penetrasi : Penetapan harga dimana perusahaan membebankan  harga yang relatif tarendah untuk mencapai pasar massal.
Status Quo pricing : Strategi harga dasar ketiga yang dapat di pilih oleh perusahaan adalah harga keadaan tetap atau yang sesuai dengan persaingan. 

Tactik dalam menetapkan harga


  1. Diskon
  2. Rabate
  3. Cadangan
  4. Penetapan harga nilai

Legalitas an etika dalam menetapkan harga


1.Praktik perdagangan tidak adil
Hampir setengah bagian Amerika, UU praktek perdangan yang tidak ADIL. Mengatur harga para pedang grosir dan eceran. Penjualan di bawah biaya adalah bertentangn dengan hukum. Para grosir dan pedangan eceran biasanya harus selalu menaikan harga presentasi minimum untuk mendapatkan untung.
2. Pematokaan harga (Price fixing)
Sebuah perjanjian dua atau lebih perusahaan  tentang harga yang akan di bebankan pada suatu produk.
3. Diskriminasi harga
      The Robinson Patman Act di tahun 1936 melarang perusahaan menjual atau lebih pembeli yang berbeda dalam jangka waktu yang singkat, sejumlah komoditi yang sama tingkat dan kualitas pada harga yang berbeda yang hasilnya akan ikut mengurangi kompetisi.

 kunjungi situs lainnya ya :
http://informasiteknologidanbisnis.blogspot.com/2014/10/menggunakan-fungsi-toolbox-pada-visual.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar